Menanam Padi Unggulan

 "Cara Menanam Padi  Yang Benar"
      
          Negara Indonesia merupakan negara Agraris dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani,tidak heran jika pemerluan kebutuhan makanan pokok seperti padi sangat tinggi.Hal ini membuat petani harus meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panenya selain untuk memenuhi kebutuhan pangan juga sebagai daya saing dalam persaingan perdagangan dewasa ini.

       Berikut adalah tahapan yang benar dalam menanam padi :

1.Memilih Bibit unggul :

 Benih yang berkualitas tentu sangat penting bagi hasil panen yang akan didapatkan,maka pilih      benih yang sudah teruji kualitasnya diantaranya yang dapat berbuah banyak tahan terhadap penyakit maupun mampu bertahan dalam kondisi air yang minim.

2. Menyebar Benih 

 Benih yang telah dipilih kemudian disebar dalam lahan penyebaran padi yang telah disiapkan petani hingga rentang waktu 1 bulan untuk memperoleh benih padi yang bagus.
Lahan Benih















3.Menanam Padi

Setelah benih sudah siap untuk diambil kemudian ditanam dalam lahan tanam yang sudah dibajak terlebih dahulu.Penanaman yang baik harus menggunakan jarak yang baik diantara padi sehingga padi yang ditanam benar - benar mampu menyerap air dengan baik karena renggangnya jarak antar akar padi.


















4. Pemberian Pupuk
    
   Pemberian pupuk yang baik bagi padi adalah dengan mengkombinasikan antara pupuk organik maupun pupuk Kimia.Pupuk Organik biasa digunakan untuk kekuatan padi agar tahap terhadap penyakit sementara pupuk kimia berguna untuk merangsang pertumbuhan padi itu sendiri.Biasanya ketika padi sudah berumur 45 hari.



















5. Perawatan 

Perawatan yang lain adalah pembersihan hama rumput maupun gulma yang lain.



6. Panen 
Jika semua proses telah terlalui maka akan memperoleh panen yang memuaskan.
panen padi

0 Response to "Menanam Padi Unggulan"

Posting Komentar